Kamis, 29 Januari 2015






 
MSG, penyedap rasa yang menyehatkan bagi para manula - MSG atau monosodium glutamat merupakan bahan tambahan makanan yang biasanya ditambahkan untuk menunjang rasa masakan. MSG sendiri pertama kali diciptakan oleh kimiawan Jepang bernama Kikunae Ikeda yang memberi nama MSG dengan sebutan umami atau rasa kelima.
 MSG adalah garam yang mengandung glutamat, asam amino alami yang ditemukan dalam tubuh manusia dan terbentuk karena proses metabolisme dan komunikasi diantara neuron. Meskipun tujuan awal dari MSG adalah untuk menambah rasa masakan, namun tetap saja MSG mengandung bahan kimia yang membahayakan kesehatan. Sudah banyak penelitian pula yang menyebutkan bahwa konsumsi MSG secara berlebihan mampu membuat Anda menderita kelelahan, pusing, migrain, dan alergi.

Namun sebuah penelitian yang dilansir dari healthmeup.com menemukan hal yang berlawanan dari penelitian yang sudah ada. Dalam sebuah penelitian kecil yang melibatkan 44 pasien dengan usia lanjut yang kehilangan nafsu makan, disebutkan bahwa MSG mampu meningkatkan kesehatan mereka.

"Pemberian MSG pada usia lanjut mampu meningkatkan nafsu makan mereka dan menimbulkan rasa umami yang merangsang produksi air liur. Saliva atau air liur membantu para orang tua lanjut usia untuk merasakan makanan yang mereka konsumsi. Maka secara perlahan, nafsu makan mereka pun terangsang. Selain itu, reseptor rasa umami sendiri pun juga hadir dalam usus dan berperan dalam mencerna makanan. Sehingga tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup berperan besar untuk kesehatan," tulis penelitian dari Tohoku University ini.

Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa konsumsi MSG mampu menghidupkan kembali sensitivitas para lanjut usia akan rasa umami yang sebelumnya berkurang karena efek samping dari konsumsi obat.

0 komentar: