Senin, 30 Maret 2015


Manfaat Mainan untuk Anak.  Mainan anak kita sudah menjadi hal yang perlu bagi perkembangan anak – anak. Orang tua selalu membelikan mainan bagi anak-anak mereka. Mulai dari boneka , remote control , lego puzzle dan sebagainya tergantung dari umur anak. Merupakan hal yang menyenangkan bagi para orang tua melihat anak – anak mereka senang bermain dengan mainan barunya.

Disamping hal itu mainan juga mendukung dalam perkembangan otak anak untuk membentu kecerdasan anak , antara lain :

1. Kecerdasan Verbal

Kecerdasan verbal bisa didapat dari mainan yang mengeluarkan suara. Misal boneka yang bisa berbicara, atau alat music semacam piano dan bisa juga laptop mainan yang mengeluarkan suara abjad , angka dan bahasa.

2. Kecerdasan Numerik

Kecerdasana numeric adalah kemampuan anak untuk mengenal angka. Kita bisa melatih anak untuk mengenal angka dari 0 – 10. Mainan yang menggambarkan angka – angka bisa membantu juga serta mainan laptop mini biasanya terdapat angka – angka.

3. Kecerdasan Ruang dan Visual

Kecerdasana ini didapat dari mainan seperti lego , balok – balokan. Anak di ajarkan untuk berkreasi menurut imajinasinya membentuk suatu bangunan tertentu.

4. Kecerdasan Musikal

Kecerdasan anak untuk mengenal nada – nada dan suara. Mainan yang mendukung adalah mainan music seperti drum, piano dan untuk bayi bisa juga dengan mainan yang digantung di atas box ranjang dan mengeluarkan suara – suara music.

5. Kecerdasan Fisik

Kecerdasan fisik adalah kemampuan anak untuk mengerakkan anggota tubuhnya. Mainan bisa berupa alat bantu berjalan atau sepedah. Disini anak akan berlatih otot – otot tubuh mereka dan cara berkoordinasi antara bagian tubuh.

6. Kecerdasan interpresional

Kecerdasan ini lebih pada cara anak bersosialisasi dengan lingkungannnya terutama dengan teman seumurnya. Orang tua bisa mengajarkan anak cara berbagi mainan dengan anak lainnya. Permainan tradisional lebih banyak mengajarkan anak dalam perkembangan interpresionalnya dari pada mainan modern yang lebih mengarah kepada individu.

7. Kecerdasan Natural

Kecerdasan anak untuk mencintai lingkungan. Biasanya anak bermain masak – masakan lebih dekat pada alam / lingkungan , atau bermain pada hewan peliharaan. Untuk hewan lebih baik hewan peliharaan yang memang dijamin kebersihannya. Paling mudah adalah mengenalkan anak pada tumbuh – tumbuhan

0 komentar: